Kebutuhan DHA Untuk Ibu Hamil Sangatlah Penting

Ibu hamil, memang terkadang ada sebagian yang susah makan ada pula yang lahap pola makannya. 
Itu semua karena mungkin pembawaan si jabang  bayi.
Konsumsi cukup asam dokosaheksaenok (DHA) atau lemah omega-3 di akhir masa kehamilan bias meningkatkan kekuatan oak bayi. Hal ini terbukti pada penelitian atas 109 bayi suku Inuit, yang hidup di bagian utara Negara bagian quebec, Kanada.

Saat berusia enam bulan, bayi menjalani tes standar tentang ketajaman visual dan ingatan. Bayi yang lahir dengan kandungan DHA dalam darah tali pusar lebih tinggi, lebih baik dalam tes perkembangan otak dan mata di usia 6 dan 11 bulan.

Para peneliti menjumpai, kadar DHA darah tali pusar lebih tinggi saat lahir dikaitkan dengan perfoma lebih baik pada tes tadi. Hasilnya tetap sama saat bayi menjalani tes perkembangan kognitif dan motorik di usia 11 bulan.


Karena peran penting itulah, para ahli menyarankan wanita hamil mendapat asupan DHA rata-rata 300 mg per hari. Hasil temuan terbaru ini dilaporkan dalam journal of Pediatrics, Maret 2008.

“Penelitian ini menambah bukti akan pentingnya DHA di trisemester ketiga, saat otak janin berkembang cepat, “Ujar Ketua peneliti Dr. Joseph L. Jacobson, dari Wayne State University di Detroit, Amerika Serikat, seperti dikutip Reuters Health.

 

Diet tradisionl Inuit memang kaya ikan. Sayangnya kian banyak orang Inuit yang mengadopsi pola makan tinggi lemak ala Barat. Akibatnya, kadar DHA ibu saat melahirkan berkisar dari kadar rendah yang secara tipikal terlihat di AS dan Kanada Utara, hingga relative tinggi.
DHA biasa dijuampai pada minyak ikan salmon, sardine, dan tuna. Wanita hamil dan menyusui disarankan untuk menghindari ikan jens tertentu karena berpotensi mengandung merkuri dalam kadar tinggi. Ikan ini termasuk hiu, swordfish, king mackerel, dan tile.

Ditambahkan Jacobson, setiap wanita hamil sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan bila ingin mengnsumsi kapsul minyak ikan atau suplemen lain.



Demikian tadi sedikit tips tentang pentingnya DHA untuk ibu hamil yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat..

0 0 komentar: