Kuliner Paling Enak di Tuban



 

KerjaTerus.com - Garang Asem. Pedas Khas Tuban,… Hampir tiap daerah memiliki versi-nya masing masing. Nggak cuma di pulau Jawa sampai ke luar pulau Jawa juga punya garang asem-nya sendiri sendiri. Seperti waktu ke Pagaralam juga ada asem asem yang nancep bener rasanya. Tapi kali ini saya nggak mau ngebahas garang asem mana mana, melainkan garang asem dari kampung halamanku di Tuban Jawa Timur atau lebih tepatnya menu favorit seumur hidupku … garang asem rumah makan rahayu, heheheee.
Kelas 4 SD adalah pertama kalinya lidah saya bersentuhan dengan segarnya kuah garang asem racikan RM Rahayu. Luar biasa, saya yang sama sekali tidak suka pedas, hari itu juga, bisa jatuh cinta dengan garang asem yang memiliki rasa asem pedas yang cukup menggugah selera. Maka jangan heran jika setiap pulang kampung, saya pasti minta papa mama untuk menemani saya makan di RM Rahayu sini. (xixixiiii, minta ditemani atau minta dibayari ya?) … xixixiii gara gara tiap makan selalu yang bayar papa dan mama saya sampe gak tau harganya, kalau gak salah sih 10 ribu perposi, tapi maaf kalau salah ya.

Garang Asem RM Rahayu ini beda dengan garang asem mana pun, bahkan dengan garang asem Tuban yang terkenal enaknya. Beda deh. Kalau garang asem Tuban kan terkenalnya dengan lauknya yang menggunakan ikan, tapi garang asem ini mengunakan ayam kampung dan kaldu ayam kampung asli pula.
Jika pun biasanya garang asem yang anda dan teman teman saya kenal adalah makanan yang terbungkus dalam daun pisang lengkap dengan bumbunya cabe rawit dan blimbing sayur dll, maka tidak demikian dengan garang asem favoritku ini. Ia hanyalah berbentuk sup bening berwarna merah keemasan dengan limpahan irisan bawang putih yang melimpah.
Personelnya pun tak banyak, hanya mengandalkan aroma bawang putih, asem dan cabai. Tapi justru karena kesederhanaan bumbunya inilah garang asem rahayu terasa sangat segar luar biasa. Terutama karena kaldunya ini murni dari air rebusan ayam kampung, gurihnya pun berasa banget. Soal ayamnya? nggak usah ditanya, empuk sekali dengan tekstur ayam kampung yang padat dan bersih. Enak sekali.
Pokoknya kalau sudah sampai Tuban, please jangan dilewatkan nyicip garang asem favoritku ini. Lalu drop komen disini ya … hehehee …  Oya, selain garang asem disini juga ada aneka hidangan lain seperti kari, rawon dan lain sebagainya. Untuk minumannya, favorit saya adalah es sarang burung. Tentunya sarang burung burungan alias jelly, namun yang ngebuat lain dari yang lain adalah penggunaan lengkeng kering dalam adonannya. Lengkeng kering ini memberikan warna moka yang cantik dengan rasa lengkeng yang khas, segar mantab.
Alamat : RM Rahayu. Jl. Basuki Rachmat no 135 Tuban Jawa Timur. 0356 324325




penulis : caturguna yuyun angkadjaja

0 0 komentar: