Makanan Khas Kota Nganjuk

Kuliner Paling Populer di Kota Nganjuk
Kerjaterus.com - Kota Nganjuk atau lebih di kenal dengan Kota Angin ternyata banyak menyimpan kuliner yang khas dan unik. di bawah ini beberapa makanan khas dari kota Nganjuk
1. Onde-onde Njeblos, semacam onde-onde yang tidak begitu berisi. 
bentuknya bulat  bola yang ditaburi wijen.Manis gurih,dan yang pasti renyah.
2. Dumbleg,  adalah jajanan tradisional khas nganjuk jawa timur, tepatnya didaerah kec. Gondang dan sekitarnya. Makanan yang unik ini emang mirip pudak (makanan khas Gresik) tapi yang bikin beda adalah rasa dan tampilannya. Rasa dumbleg ini manis legiit dan bentuknya panjang kayak lontong. Jajanan ini yang terbuat dari tepung beras, gula jawa & santan yang dibungkus dari pelepah jambe.
Saking tradisionalnya Jajanan ini biasa ditemui dikota kecil diPasar Pon Gondang, bahkan di kota nganjuk pun susah di jumpai makanan ini. Bahkan banyak juga yang cimon ketahui orang-orang nganjuk tidak begitu banyak mengenal makanan lezzat ini. (hhmmm). Hal ini karena kurang populer dan promosi jajanan khas nganjuk yang unk ini. Bahkan dumbleg kalah populer dengan Tahu Taqwa dari Kediri, Brem dari Madiun dan Ledre dari Bojonegoro. Hanya Nganjuk dan Jombang (Gupal) yang kurang promosiin jajanan khasnya yang unik ini.
Dalam rangka hari jadi Kota Nganjuk yang ke 1072 yang mencanangkan bulan april dan mei 2009 sebagai bulan promosi potensi Nganjuk. So seharusnya ini bisa dijadiin icon kuliner khas Nganjuk loh, jadi gak kalah ma Kediri, Madiun dan Bojonegoro yang merupakan tetangga Nganjuk yang udah populer dengan jajanan khasnya.So Say I Love Dumbleg.
dsc02189 
Ini makanan khasnya

Nasi Pecel Nganjuk

Sebenarnya nasi pecel bukan khas milik daerah Nganjuk. Di daerah lain juga ada, hanya saja mungkin beda penyajian, rasa atau modifikasinya. Tapi bagaimanapun nasi pecel sangat mudah dijumpai di Nganjuk dari desa sampai kota. Dari hanya yang sebungkus dua ribu rupiah kelas warung sampai yang kelas restoran. Rasanya juga tak akan jauh beda, tergantung mengemasnya saja hingga pengaruhnya pada harga.
Sepanjang Jalan Ahmad Yani tinggal pilih yang mana yang disuka atau yang cocok dengan selera lidah masing-masing, atau sepanjang Jalan Raya Surabaya - Madiun, mau yang mana yang dirasa bisa memuaskan perut. Bukan khas tapi nasi pecel sudah menjadi makanan paling umum di Nganjuk.
Silahkan mencoba bila melintasi Nganjuk. Dijamin tidak mengecewakan. 

 NASI BECEK
what is that??? nasi kook becek?
yah….nasi becek adalah makanan yang bahan utamanya adalah daging kambing yang diolah sedemikian rupa. Rasanya hampir mirip gule tapi didalamnya terdapat  kol dan irisan sledri
 
Nasi becek nganjuk
rasanya gurih cocok dimakan malam hari saat cuaca dingin. makanan ini dihidangkan bersama beberapa tusuk sate yang pastinya bikin anda ngiler saat melihatnya.
sate yang dihidangkan dibuat dari daging kambing muda yang lembut saat dikunyah. Bagi anda pecinta makanan yang terbuat dari daging kambing makanan ini pasti cocok dengan anda.
 
Sate kambing muda
Masalah harga jangan khawatir harganya murah kok sekitar delapan ribuan. Nasi becek ini dijual disekitar Jl. Dr. Soetomo pada malam hari.
Semoga Tips Dari Kerjaterus.com Bermanfaat Untuk Shobat Semua..

2 comments:

  1. Kuliner nganjuk memang maknyus dan unik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali gan, kulinernya benar benar unik dan khas.. =p~

      Delete